Oleh: smkn1tkn | Juni 10, 2009

Block MAC Address dalam jaringan supaya tidak bisa Internet

Sebagai seorang admin jaringan, terkadang kita harus sedikit “kejam” kepada user yang menyalahgunakan jaringan internet untuk hal yang tidak-tidak, seperti akses pornografi, menyebarkan virus, atau melanggar peraturan dengan tidak boleh mengganti IP address sendiri.

Dalam jaringan yang kukelola, setiap alamat IP sudah dialokasikan sedemikian rupa kepada setiap pengguna dan telah dicatat. Tapi kadang-kadang tetap aja ada yang iseng mengganti-ganti IP dengan seenaknya. Akibatnya ketika kita ngeblok suatu blok alamat IP atau sebuah IP, dan dia ngganti IP addressnya, otomatis blok tadi jadi tidak berlaku lagi.

Untuk itu, kita perlu ngeblok MAC addressnya. MAC address adalah alamat fisik dari setiap kartu jaringan yang terkoneksi, dan bersifat unik. Artinya tidak ada yang sama setiap kartu jaringan di seluruh dunia ini. Gimana caranya?

Kita gunakan iptables yang ada dalam setiap mesin Linux yang kita jadikan Router/Gateway. Perintahnya seperti ini nih:

iptables -I PREROUTING -t nat -j DROP -m mac –mac-source AA:BB:CC:DD:EE:FF -p tcp –dport 80
iptables -I PREROUTING -t nat -j DROP -m mac –mac-source AA:BB:CC:DD:EE:FF

Perintah yang pertama, kita pergunakan untuk membatasi akses klien untuk browsing di Internet, karena port default untuk browsing adalah 80. Sementara, perintah kedua lebih “kejam” lagi kita sama sekali melarang user tersebut untuk mengakses jaringan di luar (Internet). So, dengan demikian walaupun si pengguna gonta-ganti IP address seenaknya sendiri, mereka tetep bakal tidak bisa Internet-an lagi.


Responses

  1. kalau saya sdh tau mac address masing2 pengguna dalam jaringan.. dan hanya ingin membuka beberapa komputer yg bisa koneksi ke internet bagaimana caranya?

  2. Barangkali info ini berguna untuk teman-teman tkj: Lihatlah di situs: YOU TUBE GPINKOM. Saya baru saja mengunjunginya. Terdapat banyak pelajaran tentang hardware berbahasa indonesia yang disampaikan melalui video. Bagus sekali penyampaiannya, padat dan mudah dipahami siapa saja. Berisi ilmu-ilmu penting tentang hardware komputer. Banyak sekali materi yang belum pernah diajarkan di sekolah kita. Penting untuk guru dan siswa. Semoga info ini bermanfaat untuk anda. ….. mari berbagi info…..

  3. tnkz yaaaaa……….artikelnya sangat berguna bagi kita-kita


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: